Inilah Penyebab Mengapa Jersey Klub Liga Indonesia Tak Seelegan Layaknya Klub Liga Inggris ~ young88.info

Sunday, January 20, 2019

Inilah Penyebab Mengapa Jersey Klub Liga Indonesia Tak Seelegan Layaknya Klub Liga Inggris

persib.co.id

Halo sobat muda, jersey dapat dikatakan sebagai baju perang bagi sebuah klub sepakbola. Oleh karena itu berlomba-lombalah mereka mendesain jersey mereka agar terlihat indah dipandang mata.

Namun jika kita perhatikan fenomena akhir-akhir ini, khususnya apa yang terjadi dengan klub sepakbola tanah air yang berlaga di Liga 1, kamu pasti akan menemukan sesuatu yang lucu dan unik.

Hal tersebut apalagi kalau bukan terkait dengan penempatan logo sponsor, di jersey yang mereka kenakan selama berkompetisi.

ligalaga.id

Banyak yang menilai, beberapa klub yang berkompetisi tersebut memiliki desain jersey yang buruk. Bukan tanpa alasan hal itu tercermin dari penempatan logo sponsor yang terlampau berlebihan.

Jika kita coba bandingkan dengan jersey klub di liga-liga top eropa semisal liga Inggris, maka hal ini sungguh jauh berbeda, bahkan dengan klub di dasar klasemen sekalipun.

Desain jersey mereka terlihat lebih elegan serta enak untuk dipandang mata, kira-kira apa ya penyebab dari itu semua?

Referensi pihak ketiga

Jika diteliti secara mendalam ternyata masalahnya adalah terletak pada regulasi serta ketegasan dari Federasi Sepakbola yang menaunginya.
FA selaku federasi yang menaungi kompetisi Premier League memiliki regulasi yang ketat dalam mengatur desain dari jersey klub yang akan berkompetisi di Liga Inggris.

Dilansir dari football-tribe.com (11/8/2017) setiap klub Liga Inggris hanya boleh menempatkan satu logo sponsor di bagian depan serta satu di bagian lengan kiri jersey.

Hal ini diatur agar menjaga estetika dari kostum klub Liga Inggris yang akan berkompetisi nantinya, serta meningkatkan nilai jual bagi klub terutama bagi para fansnya.

football-tribe.com

Selain itu, penempatan satu logo sponsor dibagian depan bermaksud untuk menjaga citra ekslusif dari sponsor utama dari masing-masing klub.

Setiap klub wajib menyetorkan desain jersey mereka sesuai petunjuk sebelum liga bergulir, jika tidak maka keikutsertaan mereka akan dianulir, menariknya setiap klub begitu menghormati regulasi tersebut.

Referensi pihak ketiga

Apakah PSSI di Indonesia tidak memiliki regulasi demikian? Tentunya ada walaupun tak serinci seperti aturan di Liga Inggris.

Secara garis besarnya, coba saya kutip yakni PSSI membolehkan maksimal hanya tiga logo sponsor yang dipampang pada bagian depan jersey, kemudian satu di lengan kiri dan satu di bagian belakang, berikut gambarnya :

ligalaga.id

Jika saja regulasi ini diikuti oleh klub yang membandel tersebut, mungkin saja desain jersey mereka akan terlihat lebih baik, walaupun sebenarnya aturan penempatan 3 logo sponsor dibagian depan masih terlalu banyak.

Tapi pada kenyataannya tak semua aturan ini diikuti, PSSI pun juga terlihat kurang tegas dalam hal ini sehingga aturan ini ibarat hanya sebuah pasal karet yang tak memberikan efek takut lantaran tak juga ada sanksinya.

Mungkin ada sisi positifnya juga jika sebuah klub mampu menarik banyak sponsor untuk mendanai perjalanan mereka berkompetisi. Tapi alangkah baiknya ada regulasi yang lebih baik lagi mengatur itu semua agar image liga sepakbola Indonesia akan semakin bagus di mata dunia internasional.

Referensi :

ligalaga.id/kolom/kostum-aturan-dan-kritik-untuk-kesebelasan-liga-indonesia/


football-tribe.com/indonesia/2017/08/11/lengan-jersey-ladang-meraup-uang/

0 komentar:

Post a Comment

Featured Post

Realme 6 Pro Siap Diluncurkan Dibekali Snapdragon 720G, Janjikan Performa Mumpuni

realme 6 Pro Pasar ponsel di Indonesia terberkahi dengan disediakannya banyaknya pilihan produk, mulai dari harga dibawah satu ju...

Popular Posts